Senin, 09 Januari 2012

LAPORAN HASIL OBSERVASI SEKOLAH

LAPORAN HASIL OBSERVASI SEKOLAH
SMP NEGERI 1 TIRTOMOYO

Makalah ini disusun sebagai tugas
Mata Kuliah Theory of Education
Semester III


oleh:
IKHSAN ABDUL LATIF
K1310038

PENDIDIKAN MATEMATIKA SBI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2011



BAB I
PENDAHULUAN

Pada hari Sabtu, 3 Desember 2011 kami melakukan observasi di SMP N 1 Tirtomoyo. Saat itu, kami diizinkan untuk mengobservasi kelas IX B yang kebetulan saat itu sedang belajar bahasa inggris. Guru yang mengajar bahasa inggris saat itu adalah Bapak Surono, S. Pd.
Sebelum masuk ke kelas, kami berkeliling mengamati fasilitas dan keadaan fisik sekolah tersebut. Adapun aspek yang kami amati adalah:
I.       Aspek pengamatan untuk kondisi sekolah:
1.      Kondisi fisik sekolah
2.      Potensi siswa
3.      Potensi guru
4.      Potensi karyawan
5.      Fasilitas KMB, Media
6.      Perpustakaan
7.      Laboratorium
8.      Bimbingan konseling
9.      Bimbingan belajar
10.   Kegiatan ekstrakulikuler
11.   Organisasi OSIS
12.   Fasilitas UKS
13.   Administrasi
14.   Koperasi siswa
15.   Tempat ibadah
16.   Kesehatan lingkungan

II.       Aspek jalannya KBM:
a.      Perangkat pembelajaran
1.      Silabus
2.      Satuan Pembelajaran
3.      Rencana pembelajaran

b.      Proses Pembelajaran
1.      Membuka pelajaran
2.      Penyajian materi
3.      Penggunaan bahasa
4.      Penggunaan waktu
5.      Variasi gerak
6.      Cara memotivasi siswa
7.      Teknik bertanya
8.      Penguasaan kelas
9.      Penggunaan metode
10.   Penggunaan media
11.   Melakukan evaluasi
12.   Menutup pelajaran
13.   Perilaku siswa
a.      Perilaku siswa di dalam kelas
b.      Perilaku siswa di luar kelas





BAB II
OBSERVASI

A.     Profil Sekolah
Nama Sekolah    : SMP Negeri 1 Tirtomoyo
NPSN                   : 20311215
Jenjang                : Sekolah Menengah Pertama
Status                   : Negeri Di bawah Diknas
Alamat                  : Jalan Dawung-Tirtomoyo, kode pos 57672
Kepala Sekolah : Drs. Warino, M. M.

B.    Profil Guru
Nama                                : FX. Surono, S. Pd.
Tempat, Tanggal Lahir : 15 Juni 1967
Alamat                              : Kudi, Batuwarno, Wonogiri
Pendidikan                      : S1 Bahasa Inggris Universitas Widya
                                             Dharma
Mulai Tugas                    : Februari 1998


C.    Aspek dan Hasil Observasi
    I.        Aspek pengamatan untuk kondisi sekolah:
1.    Kondisi fisik sekolah
Kondisi fisik sekolah cukup baik dan terawat, terdiri dari:
ü  18 ruang kelas
Terdiri dari 6 ruang kelas VII, 6 ruang kelas VIII, dan 6 ruang kelas IX.
ü  1 ruang guru
Ruang guru terletak di sebelah selatan ruang kepala sekolah.
ü  1 ruang TU
ü  1 ruang kepala sekolah
ü  1 ruang BK
Ruang BK ini bersebelahan dengan ruang elektronika. BK diampu oleh 3 orang guru. Di dalam ruangan ini terdapat ruang konsultasi.
ü  1 ruang komputer
ü  Laboraturium bahasa
Di dalam ruang laboraturium bahasa ini kami tidak menemukan adanya alat-alat seperti halnya di ruang laboraturium bahasa biasanya. Di sini kami hanya melihat alat-alat musik, seperti gitar listrik, drum, dll.
ü  Laboraturium IPA
ü  Ruang elektronika
Alat-alat elektronika cukup lengkap. Di ruang ini dipajang berbagai hasil karya siswa.
ü  Perpustakaan
ü  1 ruang UKS
ü  Koperasi siswa
ü  Kantin sekolah
ü  Tempat parkir guru
ü  Lapangan upacara
Di area lapangan upacara ini juga terdapat 4 lapangan bola voli, bak lompat jauh, dan lapangan 3 on 3.

2.    Potensi siswa
Cukup banyak prestasi yang telah ditorehkan para siswa SMPN 1 Tirtomoyo, contohnya adalah juara lomba mata pelajaran dan juara 2 lomba voli putri tingkat propinsi. Lemari piala pun telah penuh dengan piala-piala yang didapatkan sekolah ini. Banyak orang tua yang ingin menyekolahkan putra-putrinya di SMP ini.

3.    Potensi guru
Semua prestasi yang ditorehkan siswa tidak lain karena peran dan bimbingan para guru di SMP ini. Walaupun guru yang S2 baru 3, namun peran mereka dalam pembangunan sekolah patut diacungi jempol.

4.    Potensi karyawan
Karyawan di SMP ini cukup banyak dan ditambah dengan guru Wiyata Bakti yang cukup banyak pula. Para karyawan biasanya mengurusi bidang administrasi sekolah.

5.    Fasilitas KMB, Media
Fasilitas yang tersedia sudah cukup, antara lain hotspot yang dihidupkan 24 jam. Siswa juga dapat belajar komputer karena sudah disediakan 15 unit komputer di ruang komputer. Selain itu ada juga media lain seperti globe, peta, kerangka manusia, dll.

6.    Perpustakaan
Buku-buku yang tersedia di perpustakaan kami kira belum lengkap karena hanya ada 2 rak buku yang tidak terlalu penuh. Akan tetapi sekolah telah menyediakan buku-buku mata pelajaran yang dipinjamkan kepada seluruh siswa. Di perpustakaan juga menyediakan koran baru.

7.    Laboratorium
Ruang laboraturium cukup luas, sehingga pada saat praktikum dapat menampung seluruh siswa satu kelas. Alat-alat pratikumnya pun sudah cukup banyak.

8.    Bimbingan konseling
Guru-guru BK selalu memanggil siswa yang bermasalah, misalnya karena merokok di kantin luar sekolah pada waktu istirahat. Siswa yang bermasalah dengan aktivitas belajar juga dipanggil agar prestasinya dapat meningkat. Mereka juga sering melakukan home visit.

9.    Bimbingan belajar
Setiap mendekati ujian nasional, kelas IX mendapatkan les tambahan yang dilaksanakan usai KBM. Biasanya dilaksanakan pada hari Senin dan Jum’at.

10. Kegiatan ekstrakulikuler
Kegiatan ekstrakulikuler di SMP ini antara lain sepak bola, bola voli, bulutangkis, pramuka, dan menjahit.

11. Organisasi OSIS
Organisasi OSIS di sekolah ini sudah ada, akan tetapi tidak banyak kegiatan yang dilakukan. Kegiatan yang sering diadakan hanya class meeting setelah tes semester.

12. Fasilitas UKS
UKS di SMP ini cukup baik. Fasilitas yang ada cukup lengkap mulai dari kamar tidur dan P3K.

13. Administrasi
Administrasi sekolah diurusi oleh karyawan TU. Untuk pengetikan menggunakan komputer yang sudah tersedia di ruang TU. Karyawan TU juga mencetak soal-soal semester yang dibuat oleh sekolah.

14. Koperasi siswa
Alat-alat tulis yang ada di koperasi sekolah sudah cukup lengkap.

15. Tempat ibadah
Di sekolah ini sudah ada mushola yang cukup besar. Alat sholat seperti sarung, mukena, dan sajadah jumlahnya banyak.

16. Kesehatan lingkungan
Kesehatan lingkungan sangat terjaga kebersihannya. Setiap kelas terdapat tempat sampah. Setiap hari halaman sekolah juga disapu oleh penjaga sekolah. Sekolah ini juga mengadakan lomba kelas terbersih.

   II.        Aspek jalannya KBM:
a.    Perangkat pembelajaran
1.    Silabus
Silabus yaitu perangkat pembelajaran sebagai panduan untuk mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam proses pembelajaran, silabus sangat dibutuhkan untuk relevansi mengajar. Di SMPN 1 Tirtomoyo yang saya amati, perangkat mengajar (silabus) ini merupakan panduan yang diperlukan oleh semua tenaga pendidik, sehingga semua tenaga pendidik di SMP ini wajib mempunyai dan menngunakan perangkat mengajar tersebut.

2.    Satuan Pembelajaran
Satuan pembelajaran merupakan komponen dasar pada setiap sekolah khususnya SMP sebagai pemersatu adanya proses pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang ada. Di SMPN 1 Tirtomoyo ini semua yang termasuk dalam sistem pendidikan mempunyai keterkaitan satu sama lain sehingga di peroleh suatu sistem pendidikan yang ideal. Kurikulum yang dipakai adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

3.    Rencana pembelajaran
Rencana pembelajaran merupakan suatu panduan khusus mengajar yang disusun berdasarkan silabus dan materi yang ada sehingga proses pembelajaran dapat berjalan sesuai skenario yang ada dan diperoleh tujuan pembelajaran yang optimal. Semua tenaga pendidik di SMPN 1 Tirtomoyo wajib membuat rencana pembelajaran setiap akan menyampaikan materi (proses pembelajaran) sehingga materi yang akan disampaikan dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

b.    Proses Pembelajaran
1.    Membuka pelajaran
Guru membuka pelajaran dengan sedikit bercerita tentang konsentrasi untuk menghadapi ujian nasional dengan sedikit menyinggung masalah percintaan. Lalu menanyakan pekerjaan rumah

2.    Penyajian materi
Saat kami amati, guru hanya membahas buku soal-soal untuk menghadapi ujian nasional. Hal ini dimaksudkan agar siswa banyak mengenal tipe-tipe soal ujian.

3.    Penggunaan bahasa
Guru menyampaikan pelajaran menggunakan bahasa inggris dan Indonesia.

4.    Penggunaan waktu
Waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran sudah sesuai batas waktu yang telah ditentukan karena adanya keterkaitan antara penyampaian materi, evaluasi, dan penilaian sehingga semua terpadu dalam waktu yang relatif tepat. Dalam proses pembelajaran waktu yang dibutuhkan untuk setiap aspek sudah tepat sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak ada penguluran waktu untuk materi yang belum tersampaikan

5.    Variasi gerak
Variasi gerak yang dilakukan guru pada proses pembelajaran sangat menarik. Guru dapat menarik perhatian semua siswa terutama dalam apersepsi dan penyampaian materi dengan beberapa gerakan tubuh yang sangat menarik siswa.

6.    Cara memotivasi siswa
Peran guru dalam memotivasi siswa sangat besar, apalagi saat menjelang ujian nasional. Di sini guru memberikan penekanan bagi siswa yang menjawab kurang baik, seperti bertanya tentang alasan siswa kenapa menjawab seperti itu.

7.    Teknik bertanya
Bagi setiap siswa yang menjawab pertanyaan entah benar atau salah, guru menanyakan alasan dari jawaban itu. Setelah itu, guru memberikan alasan yang tepat atas jawaban yang benar.

8.    Penguasaan kelas
Kelas cukup kondusif, siswa sangat memperhatikan. Terkadang guru memberi gurauan atau humor.

9.    Penggunaan metode
Guru menggunakan metode demonstrasi, ceramah, dan Tanya jawab.

10. Penggunaan media
Media yang digunakan adalah buku-buku bahasa inggris dan kamus.

11. Melakukan evaluasi
Dalam mengevaluasi siswa, guru menyuruh menutup semua buku, kemudian siswa disuruh mengerjakan soal evaluasi di selembar kertas. Soal kadang diberikan secara lisan, kadang secara tertulis.

12. Menutup pelajaran
Sebelum menutup pelajaran guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal yang belum dipahami siswa. Kemudian guru menyimpulkan materi bersama-sama siswa. Setelah itu guru memberikan nasihat kepada para siswa agar rajin belajar, banyak mengerjakan soal-soal, dan beliau menasihati agar tidak lupa berdoa. Kemudian guru menutup pelajaran dengan salam.

13. Perilaku siswa
a.    Perilaku siswa di dalam kelas
Di dalam kelas siswa cukup patuh terhadap guru. Siswa berbicara dengan sopan. Dalam jalannya KBM pun siswa cukup antusias dan aktif. Pada waktu diberi pertanyaan atau menjawab soal dari buku ada siswa yang menjawab bukan atas jawabannya sendiri dikarenakan saat membahas pekerjaan, pekerjaannya ditukarkan kepada siswa lain.

b.    Perilaku siswa di luar kelas
Di luar kelas siswa cukup patuh dan sopan terhadap gurunya. Setiap bertemu dengan gurunya siswa selalu menyapa, akan tetapi ada siswa yang tidak melakukannya.





DAFTAR PUSTAKA

Dinas Pendidikan Wonogiri. 2011. Data Statistik Sekolah SMPN 1 Tirtomoyo. (http://wonogiri.dapodik.org/sekolah.php?data=guru&status=diknas&npsn=20311215). Diakses: Desember 2011.
Anonim. 2009. Laporan Hasil Observasi. (http://edusogem.blogspot.com/2011/02/laporan-hasil-observasi.html). Diakses: Desember 2011.

1 komentar:

  1. terima kasih untuk hasil laporan observasinya, saya jadi ada bayangan untuk mengerjakan laporan observasi :)

    BalasHapus